Optimalkan Performa Harddisk dengan Windows XP

Banyak jenis harddisk dan file system pada harddisk yang berkembang saat ini PATA,SATA, FAT32, NTFS, dan RAID adalah beberapa di antaranya.Untuk bisa mengoptimalkan performa dari hardisk tersebut, pada “Cover Story” kali ini tip dan trik seputar harddisk yang tentunya akan berguna untuk Anda



Saat ini kapasitas penyimpanan sebuah harddisk berkembang secara pesat, kapasitas harddisk yang tadinya hanya berkisar antara 4 GB–60 GB saat ini sudah mencapai ukuran 750 GB. Sepertinya kita hanya perlu menunggu sebentar saja untuk melihat kehadiran harddisk dengan kapasitas 1 Terabyte atau setara dengan 1000 GB. Selain besar kapasitas, kecepatan dari suatu harddisk untuk memindahkan data juga masih menjadi alasan utama orang membeli sebuh harddisk. Seiring berkembangnya teknologi, kecepatan dari harddisk tersebut juga ikut berkembang pula. Untuk harddisk yang biasa digunakan dalam PC desktop mempunyai kecepatan putar 5.400 rpm dan 7.200 rpm, untuk jenis harddisk ATA atau yang sekarang dikenal dengan PATA (Parallel ATA).
Jenis ini mampu melakukan transfer data sampai 50 MB/s. Sedangkan untuk jenis SCSI, yang biasanya dipakai dalam server mempunyai kecepatan putar 10.000 rpm sampai dengan 15.000 rpm. Harddisk ini memiliki kecepatan transfer data sampai 80 MB/s. Berbeda dengan desktop, notebook juga mempunyai harddisk yang berdimensi lebih kecil dari harddisk PC desktop dan hanya mempunyai kecepatan putar 4.200 rpm sampai 5.400 rpm. Namun, baru-baru ini telah muncul harddisk notebook yang mempunyai kecepatan sampai 7.200 rpm. Satu lagi jenis harddisk yang saat ini membanjiri pasaran di tanah air, yaitu jenis SATA (Serial ATA). Ketika pada generasi pertama teknologi SATA diperkenalkan tahun 2003, harddisk SATA tersebut mempunyai kecepatan transfer data sebesar 1.2 Gb/s atau setara dengan 150 MB/s.
Harddisk SATA jenis ini disebut juga dengan SATA/150. Seiring waktu, teknologi SATA juga ikut berkembang. Saat ini harddisk SATA sudah mencapai jenis SATA 3 Gb/s atau disebut dengan SATA II atau SATA/300. Kecepatan transfer data dari harddisk jenis SATA II ini mampu mencapai 3 Gb/s atau setara dengan 300 MB/s.Untuk lebih mengoptimalkan kinerja harddisk tersebut, kami akan memberikan beberapa tip dan trik seputar harddisk tersebut dalam platform Windows XP.
Dimulai dari tip yang paling mendasar, yaitu mengenai instalasi sebuah harddisk baru ke dalam PC desktop. Bagaimana cara mempartisi yang aman terhadap harddisk dan bagaimana cara memformat terhadap harddisk baru. Kemudian cara mengonversi fi le system dari FAT32 ke NTFS dan sebaliknya juga akan kami berikan di sini. Hal tersebut dilakukan untuk bisa lebih mengoptimalkan performa dari harddisk yang baru dan juga supaya ketika harddisk tersebut diinstal dengan operating system Windows, tidak akan terjadi error atau kesalahan yang disebabkan karena Anda salah melakukan partisi dan format terhadap harddisk baru tersebut. Kemudian tip dan trik akan dilanjutkan dengan bagian-bagian yang cukup sulit dan memerlukan sedikit pengetahuan tentang harddisk dan PC, beberapa di antaranya kami akan mencoba memberikan tip bagaimana cara membuat RAID-5 dari harddisk tanpa tambahan controller apapun di dalam Windows XP. Yang tentunya Anda tahu bahwa Windows XP hanya mendukung RAID-0 saja.
Partisi dan Format
Sebelum menginstal harddisk baru kedalam PC, terlebih dahulu tentukan apakah Anda hanya akan memakai satu harddisk saja atau lebih. Untuk harddisk dengan jenis PATA, jika Anda hanya memakai satu harddisk saja maka pindahkan jumper harddisk yang terletak di belakang ke dalam posisi “master”. Jika Anda memakai lebih dari satu unit harddisk, pindahkan jumper pada harddisk yang lain keposisi “slave”. Berbeda jika Anda memakai hardisk jenis SATA, harddisk jenis ini tidak memiliki jumper di sisi belakang sehingga harddisk SATA sepenuhnya dikendalikan oleh port SATA yang ada di motherboard dan setting di dalam BIOS. Untuk harddisk jenis SCSI, Anda juga harus menentukan jumper ID-nya. Khusus untuk harddisk jenis ini memang sedikit rumit, namun dengan sedikit usaha Anda akan berhasil menginstal harddisk jenis ini.

Tips
Jika motherboard Anda mempunyai port IDE lebih dari satu, pergunakan keduanya. Satu port untuk harddisk dan satu port lagi untuk optical drive. Karena bila Anda hanya memakai satu port dan satu kabel IDE saja untuk harddisk dan optical drive, maka kecepatan maksimal dari masing-masing perangkat tidak akan bisa Anda peroleh. Setelah Anda selesai menginstal harddisk pada PC, cek terlebih dahulu BIOS dari motherboard tersebut. Jika BIOS tersebut bekerja normal, semua harddisk yang baru dipasang tersebut akan terdeteksi secara otomatis. Khusus untuk harddisk SATA,
Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu pilihan SATA yang ada di dalam BIOS, namun biasanya secara default pilihan ini sudah tersetting secara otomatis.

Partisi Harddisk
Sesudah berhasil menginstal Windows XP, tidak semua harddisk yang sudah dipasang
di dalam PC Anda bisa langsung digunakan. Terutama harddisk SATA yang pasti meminta Anda untuk menginstal driver terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda harus membuat partisi dari harddisk tersebut. Cara membuat partisi sangat mudah, pada Windows XP Anda bisa menemukan fasilitas untuk melakukan partisi pada menu “Control Panel”, lalu masuk ke “Computer Management”, dan pilih “Disk Management”. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat, klik menu “start” lalu pilih “run” dan ketikkan “diskmgmt.msc” secara otomatis Anda akan masuk ke fasilitas tersebut. Di dalam window tersebut akan terdeteksi seluruh harddisk yang ada dalam PC Anda,untuk harddisk yang baru terpasang tapi belum mempunyai partisi akan ditandai dengan “data storage 1” dan seterusnya. Untuk membuat partisi pada harddisk tersebut, klik kanan pada harddisk yang ingin dipartisi, kemudian pilih “new partition”, setelah itu Anda harus menentukan pilihan mana yang akan menjadi primary partition dan mana yang akan dijadikan extended partition serta jumlah kapasitas yang dikehendaki.

Format Harddisk
Ketika Anda ingin melakukan format terhadap harddisk baru Anda, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan fi le system. Saat ini file system untuk windows yang banyak digunakan adalah FAT32 dan NTFS. Anda bisa memilih satu diantaranya. Jika Anda suka menyimpan file film dan audio, maka Anda bisa memilih format dengan ukuran cluster yang besar.

Meng-convert FAT32 dan NTFS
Jika menggunakan operating system berbasiskan NT fi le system seperti Windows 2000 dan Windows XP, sebaiknya Anda menggunakan file system NTFS daripada FAT32. Meski jika Anda memakai FAT32 pun operating system Windows tersebut masih bisa berjalan, namun tentunya tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Cara yang paling mudah untuk mengonversi fi le system seperti ini dengan menggunakan software third partyatau software lain diluar Windows. Software yang paling gampang digunakan adalah Partition Magic.

FAT32 ke NTFS
Untuk mengonversi dari fi le system FAT32 ke NTFS ada salah satu cara yang cukup mudah dilakukan. Klik menu “start”, kemudian pilih “run” dan ketikkan perintah “cmd” untuk bisa masuk kedalam DOS prompt. Setelah itu ketikkan perintah seperti di bawah ini:

Convert :/fs: ntfs

Pada , Anda bisa memasukkan partisi mana yang ingin di-convert dari FAT32 menjadi file system NTFS.

NTFS ke FAT32
Berbeda Jika Anda ingin meng-convert file system NTFS ke FAT32, cara yang dipergunakan sedikit agak rumit karena jika harddisk sudah memiliki fi le system NTFS, maka tidak bisa lagi diubah ke dalam bentuk FAT32. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menformat ulang keseluruhan dari harddisk itu dan mengubah file systemnya menjadi FAT32. Caranya cukup klik kanan pada harddisk atau partisi yang ingin diformat, kemudian pilih “format” selanjutnya tentukan “fi le system” dan “allocation unit size”-nya. Namun, jika Anda memiliki software Partition Magic, maka untuk mengonversi dari NTFS ke FAT32 tidak perlu memformat harddisk terlebih dahulu.

Catatan Penting
Sebelum melakukan konversi baik dari FAT32 ke NTFS ataupun NTFS ke FAT32, kami sangat menganjurkan Anda untuk mem-back-up data Anda terlebih dahulu di tempat yang aman. Karena kemungkinan besar melakukan konversi seperti ini akan menghapus bersih data yang ada di dalam harddisk.

Harddisk Defragmentation
Pada prinsipnya, fi le dibagi menjadi bagian kecil cluster yang berukuran antara 4 KB
sampai 16 KB. Ukuran fi le yang besar dengan sendirinya akan membutuhkan ratusan cluster dan biasanya letak dari cluster tersebut tidak berurutan. Apalagi ketika Anda sering melakukan copy dan delete suatu fi le atau instal dan uninstall aplikasi, maka sudah dapat dipastikan harddisk Anda akan terfragmentasi sehingga kinerja dari harddisk Anda akan menurun menjadi lebih lambat. Untuk mengembalikan keadaan harddisk seperti semula, bisa melakukan defragmentation. Untuk melakukannya masuk ke menu “control panel”, lalu pilih “administrative tools” selanjutnya pilih “computer management”. Setelah itu, pilih “disk defragmenter”,lakukan “analyze” terlebih dahulu terhadap harddisk atau partisi yang ingin di- defrag, jika file yang terfragmentasi lebih dari 10% maka Anda harus melakukan defrag. Jika tidak, defrag tidak perlu Anda lakukan. Untuk melakukan defrag dibutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung berapa besar kapasitas harddisk dan file yang terfragmentasi.



1 komentar:

ßaezur mengatakan...

maaf mas, sekedar mampir, tp blognya bagus bangett mak nyuuss gitu lho.. aq jadi pingin.

Posting Komentar

Face book-Q

Tag: Cara Buat Sales Letter

^^ Ingin Bisa MEMBUAT Website Sendiri Dengan CEPAT & MUDAH? ^^

08 April 2009 15:33 | dibaca 366 kali

Panduan "Cara Membuat Website" Kusuma akan memperlihatkan kepada anda cara melakukannya hanya dalam 2 HARI, dengan jaminan uang kembali! Klik disini untuk membayar 100.000 Rupiah dan Mendownloadnya SEKARANG Juga! http://caramembuatwebsite.com

Iklan Premium

** Ingin RANKING Satu Google CEPAT dan MUDAH? **

08 April 2009 15:34 | dibaca 171 kali

Panduan "Rahasia Search Engine" Kusuma akan memperlihatkan kepada anda cara melakukannya. Dengan JAMINAN uang kembali! Klik disini untuk membayar 120.000 Rupiah dan Mendownloadnya Sekarang Juga!

Iklan Premium

^^ Ingin Bisa Menulis Sales Letter AMPUH Dengan MUDAH? ^^

08 April 2009 15:35 | dibaca 244 kali

Panduan "Menulis Sales letter" Kusuma akan memperlihatkan kepada anda cara melakukannya, dengan jaminan uang kembali! Klik disini untuk membayar 100.000 Rupiah dan Mendownloadnya Sekarang Juga! http://menulissalesletter.com

Iklan Premium

Cara Promosikan Website ke 400+ Situs Iklan Baris Gratis

10 April 2009 15:18 | dibaca 198 kali

Sekarang Anda tidak perlu repot, pusing dan capek mengiklankan produk/website Anda karena disini iklan Anda akan tersebar ke 400 lebih Website Iklan Baris Gratis SETIAP HARI & di ratusan Mailinglist YAHOOGROUP dg sendirinya. Anda tinggal duduk manis & menunggu Ledakan Pengunjung yang akan membanjiri website Anda. Kunjungi : http://www.harianpromo.com

Dikirim oleh: Andhi Wahono | Kunjungi Website
Terdapat pada: Bisnis Online, jasa, pasang iklan, pemasangan iklan, iklan, promosi
Iklan Premium

** Ingin Pasang Iklan Links - Anchor Text Murah di 10 Iklan Baris **

22 Mei 2009 10:26 | dibaca 87 kali

Pasang Iklan Links - Anchor Text Murah di 10 Iklan Baris Laris Sekaligus, Bagus Untuk Meningkatkan Ranking di Search Engine, Lihat di: http://kerjakeras.com/pasang-iklan-teks-link-anchor-text-murah-di-8-iklan-baris-laris/ Iklan Link Murah, 10 Iklan Baris Hanya 100.000 Rupiah sebulan. Baca penjelasannya SEKARANG Juga!

Iklan Premium

^^ Ingin Pasang Banner Murah 125x125 di 10 Iklan Baris LARIS?

22 Mei 2009 10:33 | dibaca 101 kali

Mau PASANG Banner Murah Ukuran 125x125 di 10 Iklan Baris Laris di Indonesia? Jangan bayar satuan lagi jika sudah ada satu paket murah. Pasang sekaligus di 10 iklan baris laris dengan harga SPECIAL! Baca selengkapnya di: http://kerjakeras.com/pasang-banner-murah-125x125-di-8-iklan-baris-gratis/

Iklan Premium

** Mau Pasang Iklan Banner MURAH di 10 Iklan Baris Laris? **

22 Mei 2009 10:47 | dibaca 146 kali

SIAPA Lagi yang MAU cari tempat pasang iklan banner MURAH sekaligus di 10 iklan baris paling LARIS dan RAMAI di Indonesia? Pengambilan dua bulan akan mendapatkan tambahan 1 bulan gratis. Harga dua dapat tiga. Baca sekarang juga hebohnya di: http://kerjakeras.com/pasang-iklan-banner-murah-468x60-di-8-iklan-baris/

Iklan Premium

** Ingin Pasang Iklan Premium MURAH di 10 Iklan Baris SEKALIGUS? **

23 Mei 2009 11:35 | dibaca 41 kali

Pasang Iklan Premium Anda - Selalu di Halaman Depan di 10 Iklan Baris Laris Indonesia, Tanpa Random, Iklan Terpasang Selama Anda Inginkan, Dilihat Ribuan Orang Perhari. Info Lengkap: http://kerjakeras.com/pasang-iklan-premium-murah-di-10-iklan-baris/

Iklan Premium

For A Better Your Financial and It's Time to Change Your Life

29 Mei 2009 14:53 | dibaca 27 kali

Jalan tepat untuk mendapatkan penghasilan / uang tambahan. Ingin berinvestasi demi kondisi financial yang lebih baik. Tapi jika anda mau!!! Apa anda tetap mau berjalan di tempat?? Sementara orang lain tetap bergerak maju?? everythings up to you

Dikirim oleh: Adi Priyanto | Kunjungi Website
Terdapat pada: Bisnis Online, uang, kaya, financial, aset, 24 jam
Iklan Premium

DITAWARKAN : BISNIS BERPENGHASILAN PASTI. MODAL 80 RB DAPAT 800 RB TIAP HARI, DIJAMIN !!!

31 Mei 2009 08:54 | dibaca 42 kali

SYARAT : MODAL AWAL 80 RB sekali seumur hidup, TANPA PERLU TAMBAH MODAL LAGI. HASIL : 800 RB TIAP HARI. DIJAMIN 100% (sdh untung 720 RB HANYA DLM 1 HARI, LUAR BIASA). MEMBER AKTIF : 30862 PER TGL 29 MEI 2009 (bertambah 1 member setiap 1 jam). Bukan bisnis MLM,…

Dikirim oleh: Dharma, 0817454625 | Kunjungi Website
Terdapat pada: Bisnis Online, terbukti, hasil pasti, dijamin, modal 80 rb
Iklan Premium

Coleman Tent. The Best Coleman Tent for Your Vacation!

05 Juni 2009 21:48 | dibaca 6 kali

Coleman tent is one of the best tent products that you can choose. To get the best time for your camping activity with Coleman tent, there are many things that you can do to improve its function. Visit: Coleman-Tent.com

Iklan Premium